Salah Satu Dosen Prodi PGMI Menjadi Dewan Hakim MTQ tingkat Provinsi Maluku

25 Jun

Salah Satu Dosen Prodi PGMI Menjadi Dewan Hakim MTQ tingkat Provinsi Maluku

Musabaqoh tilawatil Qur’an tingkat Provinsi Maluku merupakan agenda tahunan. kementerian agama yang dilaksanakan 2 tahun sekali. Yang pelaksanaannya diikuti oleh 11 kabupaten kota se-Provinsi Maluku. Lokasi pelaksananaannya ditentukan berdasarkan hasil rakerda LPTQ yang di hadiri oleh masing-masing perwakilan LPTQ kabupaten-kota.

(MTQ) ke-XXVIII tingkat Privinsi Maluku yang di selenggarakan di Kabupaten Buru (Kota Namlea) dari taggal 14-21 Juni 2019, La Adu, M.A. (Dosen Prodi PGMI IAIN Ambon) PGMI Menjadi Dewan Hakim pada perlombaan Cabang Kaligrafi.

Foto bersama Dewan Hakim dan Panitra MTQ tingkat Provinsi Maluku di Namlea. (arah kanan ke kiri)
Kamel Assagaf, M.Ag sebagai Panitra (asal instansi Kanwil Maluku), Dr. Ahmad Mujadid Naya, M.Pd.I. (Dosen Ushuluddin Dakwah, IAIN Ambon), La Adu, M.A. (Dosen Prodi PGMI IAIN Ambon)
Dr. Arman Man Arfa, M.Pd.I, (Dosen Ushuluddin Dakwah, IAIN Ambon)
,Marhumah, S.Pd. (Guru Madrasah)

Dalam sambutannya Gubernur Maluku Irjen. Pol (Purn) Murad Ismail, mengatakan, pelaksanaan kegiatan keagamaan seperti MTQ mempunyai posisi yang sangat vital dan strategis dalam rangka pembangunan mental spiritual atau akhlak bangsa.  

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksanaan MTQ XXVIII, Junaidi Rupelu, dalam laporannya, mengatakan jumlah peserta yang mengikuti MTQ sebanyak 885 dari 11 kabupaten/kota,  dengan peserta terlengkap dari Kabupaten Seram Bagian Barat, peserta terbanyak dari Kabupaten Buru, sedangkan peserta cukup dan belum bercita cita menjadi juara umum tetapi memiliki optimisme besar untuk menjadi tuan rumah MTQ tingkat provinsi Maluku tahun 2021 adalah kabupaten MBD dan Kabupaten Kepualaun Tanimbar.

Dikatakan ada sembilan mata lomba dalam MTQ ke-XXVIII, diantaranya adalah,  Tilawah Al Qur’an,  Tafsir Al Qur’an,  Hifz Al Qur’an, Fahm Al Qur’an,  Karya Tulis Ilmiah Al Qur’an, Debat Ilmiah Kandungan Al Qur’an dalam bahasa Arab, Karya Ilmiah Al Qur’an dalam bahasa Inggris. Dan Khat Al-Qur’an (Kaligrafi).

Untuk cabang lomba khat kaligrafi terdiri dari 4 cabang yaitu cabang khot Dekorasi, cabang khot hiasan Mushaf, cabang khot Kontemporer dan cabang khot Naskah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *