AKSES TURNITIN GRATIS BAGI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FITK IAIN AMBON

Program Studi Pendidikan Agama Islam FITK IAIN Ambon melaksanakan sosialisasi pencegahan plagiasi pada karya tulis ilmiah mahasiswa serta penjelasan teknis penggunaan aplikasi similarity check bagi mahasiswa, Selasa (25/05/2021). Kegiatan ini dilaksanakan secara khusus untuk mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam pada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Ambon serta diselenggarakan secara virtual melalui zoom meeting cloud.

Pada pembukaannya, Ketua Program Studi Pendidikan Agama Islam FITK IAIN Ambon Dr. Nursaid, M.Ag sebelum membuka acara secara resmi, beliau menyampaikan bahwa “penyelenggaraan kegiatan sosialisasi ini merupakan pentahapan awal menuju diterapkannya aturan deteksi plagiasi pada karya tulis ilmiah mahasiswa, dalam hal ini proposal dan skripsi. Beliau juga menyampaikan bahwa jangan sampai penerapan deteksi plagiasi ini menjadi hal yang menakutkan bagi mahasiswa, justru ini menjadi suatu bahan pijakan awal untuk  bagaimana kita mandiri untuk betul-betul menghasilkan suatu karya yang bisa dipertanggungjawabkan. Olehnya itu, dengan adanya aplikasi detekni plagiasi ini diharapkan betul-betul dimanfaatkan oleh para mahasiswa secara maksimal. Sekalipun demikian, beliau berharap kerjasama yang baik dari para dosen pembimbing maupun para penasehat akademik untuk sama-sama mengawal kualitas karya tulis ilmiah khususnya pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam FITK IAIN Ambon.

Materi sosialisasi pencegahan plagiasi pada karya tulis ilmiah mahasiswa serta penjelasan teknis penggunaan aplikasi similarity check bagi mahasiswa ini disampaikan langsung oleh Sekretaris Program Studi Pendidikan Agama Islam FITK IAIN Ambon Saddam Husein, M.Pd.I. dalam materinya beliau menyampaikan bahwa mahasiswa Prodi PAI FITK IAIN Ambon patut bersyukur dan berbangga mengikuti kegiatan ini, sebab materi sosialisasi tidak hanya sebatas memperkenalkan ruang lingkup dan bentuk-bentuk tindakan plagiasi semata, melainkan juga persoalan tips menulis karya ilmiah bebas plagiat. Selain itu, para mahasiswa langsung diberikan akses secara gratis untuk menggunakan turnitin melalui class id dan enrolment key yang juga dibagikan pada saat penyampaian materi, sehingga mahasiswa bisa mengecek karya ilmiah yang dibuatnya pada aplikasi turnitin secara mandiri dan gratis. Beliau juga menyampaikan bahwa, penerapan deteksi plagiasi bagi KTI mahasiswa di Prodi PAI FITK IAIN Ambon ini bukan saja soal tuntutan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor: 7142 Tahun 2017 tentang pencegahan Plagiarism di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam, melainkan sudah sepatutnya prodi yang telah meraih akreditasi dengan peringkat “A” ini terus mengawal dan memastikan budaya mutu terus berjalan, termasuk diantaranya dalam hal peningkatan kualitas karya tulis ilmiah mahasiswa.



LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You Might Also Like