Lantik Direktur Ma’had, Kajur dan Sekjur, Ini Pesan Rektor IAIN Ambon

Published by Admin on

Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon, Dr. Zainal A. Rahawarin, M.Si., secara resmi melantik Ibnu Jarir, sebagai Direktur Ma’had Al-Jamiah IAIN Ambon menggantikan Direktur sebelumnya, Farid Naya. Sementara Farid Naya diamanatkan dalam jabatan sebagai Ketua Jurusan pada Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam.

Proses pelantikan bersamaan dengan para Ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan, beserta para kepala laboratorium pada tiga fakultas di lingkup IAIN Ambon ini, digelar di Aula Lt III Gedung Rektorat IAIN Ambon, Rabu, 20 Januari 2021.

Dalam pelantikan itu, setidaknya terdapat terdapat 45 dosen dan pegawai yang diambil sumpahnya dan dilantik menjadi pimpinan di tingkat Program Studi dan Pusat Laboratorium di masing-masing fakultas. Ada wajah baru, ada pula beberapa ketua dan sekretaris Prodi yang hanya pinda posisi. Beberapa lainnya naik tingkat dari Sekretaris Prodi menjadi Ketua Program Studi.

Rektor IAIN Ambon, Dr. Zainal A. Rahawarin, M.Si dalam amanat sambutannya mengharapkan kepada seluruh Kajur dan Sekretaris Jurusan yang sudah dilantik, termasuk para kepala laboratorium agar memaksimalkan tugas dan tanggungjawabkan dalam rangka menjawab tantangan dan kebutuhan pembangunan IAIN Ambon ke depan.

Beberapa hal penting yang ditekankan Rektor antara lain, agar para pimpinan dapat meminimalisir pemakaian anggaran yang sesuai dengan kebutuhan utama. Di mana, seluruh program kegiatan yang dilaksanakan, hendaknya berbasis mutu untuk kepentingan pengembangan IAIN Ambon. Apabila tidak, maka baiknya dipangkas saja. Sebaliknya, untuk perjalanan dinas yang tidak terlalu penting dalam kemajuan IAIN Ambon, maka disarankan untuk dikurangi atau ditiadakan.

Rektor mengharapkan kepada seluruh pejabat di lingkungan IAIN Ambon untuk bersama-sama bersinergi memajukan lembaga ini, sebagai lembaga pendidikan tinggi yang mempunyai kualitas dan dapat bersaing dengan berbagai macam perguruan tinggi lainnya khususnya di Maluku.

“Saya percaya bahwa bapak/ibu sekalian yang hari ini telah dilantik, merupakan kader-kader terbaik yang selama ini sudah cukup lama mengabdi di IAIN Ambon, sehingga pada hari ini tidak salah kalau diamanatkan jabatan yang baru. Untuk itu, saya berharap kita semua secara bersama-sama dan bergotong-royong untuk mengikhlaskan tenaga, fikiran dan hati kita untuk sama-sama memajukan Lembaga ini demi kepentingan umat.”

Bagi Rektor, jabatan diberikan merupakan tangga-tangga untuk meraih jabatan yang lebih tinggi lagi. “Tanpa melalui tangga tangga yang seperti ini, kita tidak akan mungkin harus loncat untuk menjadi lektor dan seterusnya.” Di mana, jabatan ini sebagai wahana untuk mengajarkan, mendidik dan mengingkatkan betapa penting amanah yang kita pikul, harus dipertanggungjawabkan kepada semua orang di dunia, maupun kelak kepada Sang Khalik di akhirat.

Rektor kemudian mengingatkan beberapa tugas dan tanggungjawab besar para pimpinan baru ini, yang segera dilakukan untuk menghadapi program pembangunan dan pengembangan IAIN Ambon di semua bidang. Salah satu agenda pentingnya, yakni menyiapkan SDM dan sistem administrasi yang baik, dalam rangka menuju peningkatan mutu kualitas untuk menjadikan kampus tersebut sebagai Universitas Islam Negeri yang unggul di wilayah Indonesia Timur, bahkan secara nasional.

Rektor menegaskan, proses menjemput transformasi dari IAIN ke Universitas Islam Negeri Ambon harus berbasis mutu. Sebab, mutu akademik tersebut yang kemudian dibutuhkan oleh masyarakat untuk menitipkan anak-anaknya melanjutkan pendidikan di kampus hijau ini. Sebaliknya, perhatian pemerintah ke IAIN Ambon terus meningkat, apabila seluruh pihak di IAIN Ambon lebih mengutamakan kebijakan dan program berbasis mutu, ketimbang lobi-lobi tertentu. Karena itu, harus menjadi catatan kepada seluruh pimpinan yang baru ini, agar dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya, harus mengutamakan sinergisitas, konektivitas dan kerjasama dengan semua bidang, agar kebijakannya benar-benar terarah dan sesuai sasaran yang berbasis mutu tersebut.

Categories: BERITA FITK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com